Kamis, 05 April 2012

Tumbuh Kembangkan Perekonomian Indonesia Bersama Hatta Rajasa


Siapa yang tidak kenal dengan Hatta Rajasa? Pria berambut putih kelahiran Palembang, 8 Desember 1953, ini sekarang menjabat sebagai Menteri Koordinator Perekonomian Republik Indonesia dalam Kabinet Indonesia Bersatu II yang dikepalai oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Beliau merupakan sesosok anutan yang sudah selayaknya kita teladani. Pria yang telah berusia 58 tahun ini tidak henti-hentinya memikirkan nasib bangsa kita. Peran beliau dalam memajukan perekonomian Indonesia sangatlah besar. Beliau merupakan sosok yang paling berjasa dalam mendongkrak perekonomian negara kita.

Jasa pertama yang beliau berikan untuk Indonesia dilakukannya pada saat beliau menduduki jabatan sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Jabatan yang diamanahkan oleh Presiden Megawati itu diembannya dengan penuh tanggung jawab. Pada saat itu, beliau harus menemukan dan merumuskan strategi yang mampu mendukung perekonomian rakyat yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal pertama yang beliau tangani secara langsung ialah hal-hal yang berkaitan dengan pangan, bioteknologi, dan energi. Tak lama kemudian, beliau menyusun undang-undang tentang Iptek dan berhasil membuat ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia menjadi lebih terarah. Beliau sangat serius ketika melakukan tugas-tugasnya sebagai Menristek, sebab, menurut beliau, Iptek merupakan tulang punggungnya perekonomian. Tanpa adanya ilmu pengetahuan dan teknologi serta tanpa adanya riset tentang ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut, maka negara kita tidak akan berkembang. Selain diakui di dalam negeri, beliau juga diakui oleh negara-negara lain yang telah dibuktikan beliau lewat keberhasilannya membuat Indonesia dipercaya sebagai President of The 46th General Conference of The International Atomic Enegy Agency (IAEA). Hal ini merupakan pertama kalinya Indonesia mendapat kepercayaan untuk memimpin jalannya sidang yang berlangsung selama seminggu penuh. Itulah beberapa kegiatan yang beliau lakukan pada saat diamanahkan jabatan Menristek Republik Indonesia. Integritas beliau dalam mengemban tanggung jawab sebagai Menristek telah berhasil membuat kondisi perkonomian Indonesia menjadi lebih baik.

Kemudian, pada Oktober 2004 hingga Mei 2007, beliau menjabat sebagai Menteri Perhubungan Republik Indonesia. Kepercayaan yang diberikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tersebut pun dikerjakannya dengan sungguh-sungguh. Loyalitasnya terhadap negara benar-benar membuat beliau patut dijuluki sebagai menteri berkredibilitas tinggi. Hal ini bisa dibuktikan karena sejak pertama beliau terpilih sebagai Menteri Perhubungan Republik Indonesia, beliau langsung memimpin penanganan transportasi mudik lebaran. Dengan sigap, beliau langsung memberi arahan dan petunjuk teknis agar bawahannya selalu memberi pelayanan terbaik untuk para pemudik. Selain itu, beliau juga mencoba untuk mengembangkan kereta api sebagai alat transportasi massal unggulan di Indonesia. Hal ini diwujudkannya melalui pembentukan Direktorat Jenderal Perkeretaapian. Lalu, beliau juga mengajukan adanya revisi untuk undang-undang tentang transportasi di Indonesia dan memberikan izin kepada pihak swasta dan pemerintah daerah untuk masuk ke dalam industri perkeretaapian. Dengan mengetahui kaitan antara kelancaran transportasi dan perkembangan ekonomi nasional yang sangat erat, beliau justru makin bersemangat dalam memikul misi sebagai Menteri Perhubungan Republik Indonesia ke-27. Jika kita lihat, pembaruan yang dilakukan Hatta Rajasa di bidang transportasi merupakan dukungan utama untuk para pedagang dan pelaku bisnis lainnya dalam melakukan transaksi. Pergerakan yang dilakukan Hatta Rajasa dalam Departemen Perhubungan telah memperlancar urat nadi perekonomian Indonesia. Keberhasilan beliau dalam memajukan perhubungan di Indonesia juga merupakan salah satu sumbangsih Hatta Rajasa untuk mengembangkan perekonomian Indonesia. Tanpa peran serta Hatta Rajasa di dalamnya, semua ini mustahil bisa dilakukan.

Hingga kini, konsistensi Hatta Rajasa dalam memajukan perekonomian bangsa masih berdiri kokoh. Meskipun di waktu-waktu sebelumnya beliau tidak menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, upaya-upaya yang dilakukan beliau secara tidak langsung telah menumbuhkan perekonomian Indonesia menjadi lebih baik. Kini, pada saat beliau menempati posisi sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, beliau menjadi lebih fokus dalam upayanya mendongkrak perekonomian bangsa. Beberapa waktu lalu, beliau kembali menunjukkan perannya dalam merangsang perkembangan ekonomi negara. Upaya yang beberapa waktu lalu beliau sampaikan akan membuat kondisi perekonomian negara kita semakin tumbuh dan berkembang. Beliau memiliki sebuah gagasan, yaitu menyatukan ketiga zona waktu yang telah ada di Indonesia (WIT, WIB, dan WITA) menjadi satu zona waktu atau zona waktu tunggal menjadi WITA saja. Dengan melakukan perubahan zona waktu, para pebisnis Indonesia akan meraup keuntungan lebih banyak karena penetapan zona waktu tunggal diyakini dapat membuat kegiatan bisnis di beberapa sektor perekonomian yang berlangsung di Indonesia akan menjadi lebih produktif dan efisien. Melalui upaya tersebut, Hatta Rajasa akan membuat angkatan kerja sebanyak 240 juta orang dari seluruh pelosok negeri yang melakukan pekerjaannya secara serempak. Dengan begitu, kegiatan transaksi perdagangan maupun bisnis lainnya akan bertambah lancar. Selain alasan-alasan di atas, upaya tersebut juga dilakukan Hatta Rajasa agar Indonesia dapat mengungguli Hongkong, Singapura, dan Malaysia karena, dengan mengubah zona waktu Indonesia menjadi zona waktu tunggal, Indonesia tidak lagi tertinggal satu jam oleh negara-negara tersebut.



Hadirnya seorang Hatta Rajasa di panggung pemerintahan Indonesia telah terbukti berdampak baik bagi perekonomian bangsa kita. Hal-hal yang telah dilakukan beliau, mulai dari penyusunan Undang-undang Iptek hingga pembentukan Direktorat Jenderal Perkeretaapian, secara tidak langsung telah membantu  perkembangan ekonomi nasional. Selain itu, beliau juga memiliki ide-ide cemerlang yang juga dapat membantu Indonesia untuk mendongkrak kondisi perekonomiannya. Gagasan yang sempat dicetuskan beliau tentang penyatuan ketiga zona waktu di Indonesia pun disinyalir akan meningkatkan produktivitas dan efisiensi hubungan bisnis karena Indonesia akan memiliki jam kerja efektif lebih dari 4 jam. Oleh sebab itu, dapat dipastikan bahwa apa yang dilakukan beliau akan berdampak baik bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa depan.

Kiprah Hatta Rajasa pada saat menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Menteri Perhubungan Republik Indonesia, dan Menteri Koordinator Perekonomian Republik Indonesia telah berhasil memajukan kondisi perekonomian bangsa kita selangkah demi selangkah. Sekilas tentang ide Hatta Rajasa yang hendak melakukan penyatuan zona waktu, sebenarnya, ide tersebut telah beliau pikirkan sejak masih menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi, tetapi baru dicetuskan ketika beliau menjabat sebagai Menteri Koordinator Perekonomian Republik Indonesia. Jabatan sebagai Menteri Riset dan Teknologi disandang Hatta Rajasa sejak tahun 2001. Artinya, beliau benar-benar serius untuk memajukan kondisi ekonomi kita sejak lebih dari 10 tahun yang lalu. Kita patut untuk memberikannya apresiasi lebih atas segala hal yang telah dilakukannya untuk kemajuan bangsa kita. Indonesia seharusnya bersyukur karena telah memiliki orang hebat sekelas Hatta Rajasa yang tidak hanya memiliki kecerdasan tinggi, tetapi juga peduli kepada kemajuan perekonomian rakyat dan negara Indonesia.

Takkan habis rasanya jika kita terus membahas tentang sosok Hatta Rajasa. Beberapa alasan di atas sudah jelas membuktikan betapa pentingnya peran Hatta Rajasa dalam menumbuhkembangkan perekonomian Indonesia. Melalui aksi-aksinya di panggung pemerintahan Indonesia sejak menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi hingga menjadi Menteri Koordinator Perekonomian Republik Indonesia, Hatta Rajasa telah menunjukkan kepada kita kalau beliau benar-benar sosok yang sangat peduli dengan kemajuan perekonomian bangsa Indonesia. Beliau telah banyak berkontribusi demi perkembangan perekonomian Indonesia dan selalu memikirkan berbagai macam cara untuk memajukan perekonomian negara. Beliau selalu berhasil menemukan di mana titik kelemahan bangsa ini dan berusaha memperbaikinya demi perkembangan perekonomian bangsa. Semoga di masa depan Hatta Rajasa makin menunjukkan konsistensinya dalam mengupayakan kemajuan perekonomian bangsa Indonesia. Hidup Hatta Rajasa!

2 komentar:

  1. Nice posting!

    Silahkan baca review saya :

    http://maulanaharris.blogdetik.com/2012/04/02/hatta-radjasa-sosok-dibalik-kebangkitan-perekonomian-indonesia/

    Silahkan beri komentar

    Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ada pengunjung!

      Baru kali ini blog saya dikunjungi dan diberi jejak. Terima kasih, Mas. Artikel Anda juga tak kalah bagus. :D

      Hapus