Selasa, 06 Maret 2012

AORI 2011 Mempertemukan Kita dengan Insan Terbaik di Indonesia

Bertepatan dengan ulang tahun Tabloid Bola yang ke-28, acara penganugerahan yang diberikan kepada aktivis olahraga Indonesia yang ke-24 diproklamasikan di depan khalayak pada saat pelaksanaan acara puncak AORI 2011 di FX Livestyle X’nter, Jakarta, Sabtu, 3 Maret 2012, lalu. Acara yang digelar untuk mengumumkan para peraih penghargaan di bidang olahraga nasional ini telah berhasil mengingatkan kita bahwa Indonesia memiliki banyak olahragawan berprestasi yang telah lahir dan berjuang demi mengharumkan nama Indonesia. Acara ini juga menjadi ajang berkumpulnya para pegiat dan pecinta olahraga lintas generasi.

Sejak pagi, banyak acara menarik yang digelar pada AORI 2011. Sambil menunggu acara puncak AORI 2011 dimulai, pengunjung bisa mengikuti meet and greet antara para atlet dan penggemarnya yang pada kesempatan kali ini dihadiri oleh beberapa atlet ternama Indonesia seperti Denny Sumargo, pebasket kebanggaan Indonesia di Ajang SEA Games tahun lalu, Susi Susanti, pebulu tangkis legendaris Indonesia dan Ramdhani Lestaluhu, pesepak bola Timnas U-23. Dalam acara meet and greet, pengunjung bisa berbincang-bincang langsung dengan para atlet idolanya. Demi meramaikan suasana di pagi hari, kuis football knowledge untuk para pecinta sepak bola pun digelar. Tak hanya itu, suasana pun diramaikan dengan adu yel-yel dari rombongan fans club sepak bola yang hadir pada acara AORI 2011. Beberapa tokoh olahraga nasional seperti Ian Situmorang, pemimpin redaksi Tabloid Bola, Rahmat Gobel, Presiden Komisaris PT Panasonic Gobel Indonesia sekaligus Ketua Indonesian SEA Games Organizing Committee 2011, Rusli Zainal, Gubernur Riau, Andi Mallarangeng, Menteri Pemuda dan Olahraga, Alex Noerdin, Gubernur Sumatera Selatan, Agum Gumelar, mantan Ketua KONI dan juga PSSI, dan Hendardji Soepandji, Ketua Umum PB Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) juga terlihat hadir di sana.

Hiburan yang disajikan panitia AORI 2011 dalam acara ini pun tidak tanggung-tanggung. Kehadiran Vincent Rompies dan Donna Agnesia, artis kenamaan ibukota yang pada kesempatan kali ini bertugas menjadi pemandu acara, juga bisa dibilang sebagai hiburan bagi pengunjung. Mereka selalu memeriahkan setiap detik acara lewat celotehan-celotehan khas yang mereka ucapkan dengan penuh semangat. Selain ada Vincent dan Donna, acara AORI 2011 juga dimeriahkan oleh beberapa hiburan lainnya seperti tarian ala Papua, Mambruk Dancer dan penampilan dari Gamelan Gaul yang melantunkan lagu Indonesia Bisa. Semua itu dipersembahkan panitia untuk para pecinta olahraga Indonesia yang hadir di FX Livestyle X’nter.

Untuk menghilangkan rasa penasaran para pecinta olahraga, pengumuman peraih penghargaan pun dimulai. Untuk kategori Pembina Olahraga Terbaik, Hendardji Soepandji dan Alex Noerdin menjadi peraihnya. Selanjutnya, MC menyebut nama I Gede Siman Sudartawa, atlet Indonesia dari cabang olahraga renang,  sebagai peraih penghargaan dari kategori Atlet Harapan. Setelah itu, penghargaan untuk kategori Lifetime Archievement pun disebutkan. Untuk kategori ini, Agum Gumelar menjadi peraihnya. Dia pun naik ke atas panggung untuk menerima penghargaan dan memberikan pidatonya seputar olahraga Indonesia. Usai pidato dari Agum Gumelar, Mambruk Dancer naik ke atas panggung untuk menghibur para pecinta olahraga yang hadir dalam acara AORI 2011.

Usai penampilan dari Mambruk Dancer, pengumuman penghargaan pun dilanjutkan. Kali ini, Vincent dan Donna mengumumkan peraih penghargaan Tim Terbaik. Peraih penghargaan dari kategori ini ialah Tim Estafet Renang Putra pada ajang SEA Games 2011. I Gede Sidartawan pun kembali naik ke atas panggung untuk mewakili timnya menerima penghargaan. Lalu, acara kembali dilanjutkan dengan pengumuman peraih penghargaan Pelatih Terbaik yang jatuh kepada Albert Sutanto, pelatih tim olahraga dari cabang renang yang telah berjasa melatih I Gede Siman Sudartawa. PT Bukit Asam dan PT Panasonic pun ikut disebutkan sebagai peraih penghargaan dari kategori Badan Usaha Peduli Olahraga. Kemudian, pengumuman pun dijeda oleh penampilan Gamelan Gaul yang menyanyikan lagu Selamanya Indonesia.

Usai penampilan Gamelan Gaul di atas panggung, Vincent dan Donna melanjutkan tugasnya. Mereka mengumumkan siapa peraih panghargaan dari kategori Atlet Favorit. Peraih kategori Atlet Favorit berdasarkan polling AORI 2011 yang dibuka sejak awal Januari 2012 hingga akhir Februari 2012 ini jatuh kepada Andik Vermansyah, pesepak bola dari klub Persebaya, yang juga tergabung di dalam timnas sepak bola Indonesia. Namun, pada saat itu, Andik tidak dapat hadir bersama para penggemarnya di FX Livestyle X’nter, Jakarta, untuk menerima penghargaan secara langsung karena harus mengikuti pertandingan di Brunei Darussalam bersama Timnas. Akan tetapi, Andik sudah menyiapkan rekaman video yang berisi sambutan khusus dari dirinya yang diputar pada saat nama Andik Vermansyah disebutkan sebagai peraih penghargaan Atlet Favorit.

Acara pun dilanjutkan kembali dengan pengumuman peraih kategori Atlet Putra Terbaik dan Atlet Putri Terbaik. Penghargaan sebagai Atlet Putra Terbaik jatuh kepada I Gede Siman Sudartawa lewat keberhasilannya meraih 4 medali emas dan pemecahan rekor 100 meter gaya punggung pada ajang SEA Games 2011. Lalu, penghargaan sebagai Atlet Putri Terbaik jatuh kepada Triyaningsih lewat keberhasilannya menyabet 3 medali emas yang juga diraihnya pada ajang SEA Games 2011. Usai disebutkan, I Gede Siman Sudartawa kembali naik ke atas panggung untuk yang ketiga kalinya. Di pihak lain, Triyaningsih, olahragawan peraih penghargaan sebagai Atlet Putri Terbaik AORI 2011 ini tidak dapat hadir karena harus menjalani pemusatan latihan jelang Olimpiade 2011 di London, Inggris. Namun, sama seperti Andik, dia juga sempat menyiapkan sambutan dalam rekaman video yang dibuatnya di sela-sela latihan. Rekaman tersebut juga diputar dan disaksikan oleh seluruh pecinta olahraga yang hadir di FX Livestyle X’nter, Jakarta. Dengan diumumkannya peraih penghargaan AORI 2011 dari kategori Atlet Putra Terbaik dan Atlet Putri Terbaik, acara pengumuman peraih penghargaan AORI 2011 pun berakhir.
I Gede Siman Sidartawa dan Albert Sutanto, peraih penghargaan AORI 2011 dari cabang olahraga renang. (sumber foto)
Dalam memeriahkan AORI 2011, panitia juga mengadakan Ajang Kreativitas Fotografi AORI 2011 dan Ajang Blogging AORI 2011. Kedua ajang ini diselenggarakan agar insan muda yang kini masih berpredikat siswa SMA dan mahasiswa dapat ikut serta menunjukkan kepeduliannya terhadap kondisi olahraga Indonesia saat ini. Ajang Kreativitas Fotografi AORI 2011 ini mengusung tema Insan Muda Berbudaya Lewat Olahraga, sedangkan Ajang Blogging AORI 2011 mengusung tiga tema wajib, yaitu Membangun Insan Muda Berbudaya dengan Olahraga, Selayang Pandang Nomine Anugerah Olahraga Indonesia 2011 sebagai Teladan bagi Insan Muda, dan Review Acara Anugerah Olahraga Indonesia 2011. Melalui ajang tersebut, kita juga dapat mengetahui seberapa besar kepedulian anak muda Indonesia terhadap perkembangan olahraga nasional.

Melalui AORI 2011, Tabloid BOLA sudah menunjukkan apresiasi lebihnya kepada para pahlawan olahraga Indonesia. Ajang yang begitu menginspirasi ini akan membuat atlet merasa lebih dihargai dan akan berusaha sebaik mungkin di tahun-tahun berikutnya. Lewat Ajang Kreativitas Fotografi dan Ajang Blogging yang dibuka Tabloid BOLA dalam rangka meramaikan acara AORI 2011 kali ini juga akan membuat para pemuda yang peduli terhadap kemajuan olahraga Indonesia semakin termotivasi untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya. Mereka akan sama-sama menjadi sosok yang diteladani oleh masyarakat Indonesia lainnya. Semoga, dengan diselenggarakannya acara ini, AORI, Tabloid BOLA, para aktivis olahraga peraih penghargaan, dan para pemenang Ajang Fotografi dan Blogging AORI 2011 dapat menginspirasi masyarakat Indonesia untuk terus berusaha menjadi insan terbaik Indonesia.

Sports News PortalAnugerah Olahraga Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar