Senin, 05 Maret 2012

Lebih Dekat dengan Para Jawara AORI 2011

Seusai acara puncak AORI 2011 digelar, kita mendapatkan idola baru dalam panggung olahraga Indonesia. Mereka adalah pegiat olahraga sejati yang memiliki dedikasi tinggi dalam pentas olahraga nasional. Tidak hanya para atlet, para pelatih dan pihak-pihak lain yang turut berkontribusi dalam memajukan olahraga Indonesia juga mendapatkan penghargaan pada ajang yang digelar Tabloid BOLA pada 3 Maret 2011 lalu. Sudah kenalkah Anda dengan idola baru Indonesia?

Selama 28 tahun berdiri, Tabloid BOLA selalu memberikan apresiasi yang tidak tanggung-tanggung terhadap insan olahraga Indonesia yang telah berjasa mengharumkan nama bangsa kita. Tepat pada hari jadinya yang ke-28, Tabloid BOLA kembali mengukuhkan predikat baru bagi mereka yang telah mengabdikan hidupnya untuk kemajuan olahraga Indonesia. Karena di negeri kita ini pepatah “tak kenal maka tak sayang” masih berlaku, ada baiknya jika kita mencoba lebih dekat dengan para peraih penghargaan AORI kali ini. Siapa sajakah yang berhasil meraih penghargaan tersebut?
Anugerah Olahraga Indonesia

Hendardji Soepandji diberikan penghargaan sebagai Pembina Olahraga Terbaik. Kontribusi yang Hendardji berikan dalam ajang SEA Games 2011 lalu membuatnya terpilih sebagai Pembina Olahraga Terbaik pada AORI 2011. Ketua Umum Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia ini telah berjasa membina tim karate Indonesia pada SEA Games 2011 hingga tim karate yang dibinanya memperoleh gelar sebagai juara umum SEA Games 2011. Lewat keuletannya memotivasi para atlet tim karate Indonesia, dia telah membuat gebrakan di cabang olahraga karate melalui perolehan medali dari atlet-atlet hasil binaannya. Kita semua mengetahui bahwa pada SEA Games lalu tim karate Indonesia berhasil merebut 10 medali emas. Padahal, awalnya hanya 5 medali yang ditargetkan dapat diraih oleh cabang olahraga karate. Pencapaian yang lebih dari target awal tidak semata-mata bisa didapatkan oleh kerja keras para atletnya saja, tetapi juga atas motivasi dan binaan yang diberikan Hendardji Soepandji kepada tim karate. Apa yang telah dilakukan Hendardji membuatnya layak membawa label Pembina Olahraga Terbaik tahun 2011.
Hendardji Soepandji, peraih penghargaan Pembina Olahraga Terbaik tahun 2011. (sumber foto)
Alex Noerdin, Gubernur Sumatera Selatan yang telah sukses menggelar SEA Games di teritorinya pada tahun 2011 lalu, juga memperoleh penghargaan yang sama dengan Hendardji Soepanji, yaitu penghargaan sebagai Pembina Olahraga Terbaik tahun 2011. Seusai penyelenggaraan SEA Games di Palembang, nama Alex Noerdin semakin melejit. Sebab, pada SEA Games yang digelar di wilayahnya itu Indonesia berhasil menjadi kontestan terbaik dan kembali meraih gelar juara umum SEA Games. Keberhasilan Nurdin membawa Sumatera Selatan menjadi tuan rumah SEA Games 2011 membuatnya pantas mendapatkan penghargaan sebagai Pembina Olahraga Terbaik tahun 2011.

Alex Noerdin, peraih penghargaan Pembina Olahraga Terbaik tahun 2011. (sumber foto) 
PT Bukit Asam terpilih sebagai Badan Usaha Peduli Olahraga dalam ajang AORI 2011. Kontribusi PT Bukit Asam dalam rangka mensukseskan SEA Games 2011 sungguh luar biasa. Perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan batubara ini menyiapkan lebih dari 43 miliar rupiah demi mensukseskan ajang SEA Games tahun lalu. PT Bukit Asam telah memberikan dukungan berupa dana sponsorship untuk timnas sepak bola Indonesia, dana anggaran untuk cabang olahraga panahan, dan melakukan pembangunan lapangan tenis indoor bertaraf internasional di Jakabaring. Lapangan tenis yang dibangun PT Bukit Asam itu merupakan lapangan tenis terbaik yang ada di Indonesia karena dilengkapi dengan 8 lapangan di dalamnya. Melalui kontribusinya itu, PT Bukit Asam berhak mendapatkan penghargaan sebagai Badan Usaha Peduli Olahraga pada ajang AORI 2011.

Logo PT Bukit Asam
PT Panasonic Gobel Indonesia merupakan perusahaan yang juga termasuk di dalam peraih penghargaan AORI 2011. Penghargaan yang diraih oleh perusahaan yang telah mendukung pelaksanaan SEA Games 2011 ini sama dengan penghargaan yang didapat PT Bukit Asam, yaitu penghargaan sebagai Badan Usaha Peduli Olahraga. Kontribusi yang telah Panasonic berikan untuk mensukseskan pelaksanaan pesta olahraga se-Asia Tenggara tahun lalu terbilang cukup besar. Peran serta Panasonic dalam ajang tersebut tidak hanya ditunjukkan melalui bantuan yang berupa dana, tetapi juga bantuan berupa fasilitas. Sebagian besar produk-produk elektronik yang digunakan di wisma atlet adalah pemberian dari Panasonic. Produk-produk seperti televisi, kulkas, AC, mesin cuci, dan fasilitas-fasilitas lainnya yang berada di wisma atlet merupakan salah satu bentuk sokongan Panasonic untuk mensukseskan SEA Games. Agar tayangan pertandingan SEA Games lebih berkualitas, Panasonic juga membuktikan dukungannya dengan menyediakan peralatan broadcasting, yaitu P2 Format HD Camcorder/Camera Perekam P2 dengan format HD di venue pertandingan. Kepedulian Panasonic terhadap kemajuan dunia olahraga menjadikannya patut meraih penghargaan sebagai Badan Usaha Peduli Olahraga tahun 2011.


Logo PT Panasonic Gobel Indonesia
Agum Gumelar, Mantan Ketua Umum KONI Pusat yang juga bertugas menjadi pembina tim boling Indonesia pada ajang SEA Games 2011, memperoleh Lifetime Archievement Award AORI 2011 berkat sumbangsihnya yang tak terhingga bagi kemajuan olahraga nasional. Meskipun atlet-atlet binaannya dari cabang olahraga boling gagal meraih emas pada SEA Games lalu, konsistensi Agum Gumelar dalam memajukan olahraga nasional membuatnya pantas dianugerahi Lifetime Archievement Award.
Agum Gumelar, peraih Lifetime Archievement Award AORI 2011. (sumber foto)
Tim Estafet Renang Putra pada saat ajang SEA Games 2011 dinobatkan sebagai Tim Terbaik AORI 2011. Tim yang beranggotakan I Gede Siman Sudartawa, Indra Gunawan, Gleen Victor Susanto, dan Triady Fauzi telah memecahkan rekor baru sekaligus menyabet medali emas SEA Games 2011. Di nomor 4 x 400 meter gaya ganti, berkat gaya punggung dari I Gede Siman Sudartawa, gaya dada dari Indra Gunawan, gaya kupu-kupu dari Gleen Victor Susanto, dan gaya bebas dari Triady Fauzi, tim ini berhasil memenangi estafet renang melawan tim dari Thailand pada SEA Games 2011 lalu. Setelah mempersembahkan medali emas terakhir untuk kontingen Indonesia, Tim Estafet Renang Indonesia patut dianugerahkan gelar Tim Terbaik tahun 2011.
Tim Estafet Renang Putra, peraih penghargaan Tim Terbaik. (sumber foto)
Andik Vermansyah, pesepak bola dari klub sepak bola Persebaya dan juga Timnas Indonesia ini dinyatakan sebagai peraih penghargaan sebagai Atlet Favorit AORI 2011. Olahragawan yang satu ini telah berjasa memperkuat Timnas Indonesia U-23 pada gelaran SEA Games 2011. Meskipun dia gagal mengantarkan Timnas meraih medali emas, penampilan memesona dari Andik selama SEA Games berlangsung telah menarik perhatian para pecinta sepak bola hingga dia diberi julukan sebagai Messi Indonesia. Popularitas olahragawan kelahiran 23 November 1991 ini semakin meningkat ketika dia dipercaya memperkuat Timnas Indonesia Selection pada saat melawan LA Galaxy pada 30 November 2011. Andik telah memperlihatkan penampilan terbaiknya lewat pertandingan melawan tim yang diperkuat oleh David Beckham. Gemilangnya penampilan Andik di ajang olahraga sepak bola selama tahun 2011 membuatnya pantas menyandang gelar Atlet Favorit tahun 2011 dari AORI.
Andik Vermansyah, peraih penghargaan Atlet Favorit tahun 2011. (sumber foto)  
Albert Sutanto, pelatih renang yang telah berhasil mendidik I Gede Siman Sudartawa meraih 4 medali emas di ajang SEA Games 2011, juga mendapatkan penghargaan di ajang AORI sebagai Pelatih Terbaik tahun 2011. Berkat bimbingan Albert, atlet renang terbaik Indonesia bisa memperoleh medali emas yang tidak tanggung-tanggung. Kontribusinya ini telah dibayar AORI lewat penghargaan yang dipersembahkan untuknya.
Albert Sutanto, peraih penghargaan Pelatih Terbaik tahun 2011. (sumber foto)  
Triyaningsih menjadi satu-satunya atlet putri yang meraih penghargaan AORI 2011. Penghargaan dari kategori Atlet Putri Terbaik tahun 2011 digaet Triyaningsih. Dia terpilih berkat usahanya membawa pulang 3 medali emas pada ajang SEA Games 2011. Ini merupakan pertama kalinya Triyaningsih meraih tiga emas sekaligus dalam ajang SEA Games. Atlet yang berjuang di SEA Games dari cabang atletik ini mendapat medali emas pertamanya di nomor 10.000 meter putri. Seusai pertandingan, dia mengalami cedera ringan di kaki kanannya. Namun, cedera itu tidak mengurangi semangat Triyaningsih untuk tetap berlari semaksimal mungkin di pertandingan berikutnya. Hingga akhirnya, dia berhasil memperoleh medali emas di nomor 5.000 meter putri dan juga di nomor marathon putri. Dia menjadi salah satu atlet putri paling berkilau pada SEA Games tahun lalu karena selain berhasil meraih 3 medali, dia juga tak mudah dikalahkan oleh cedera yang dialaminya. Kegigihannya itu Triyaningsih semakin pantas dianugerahkan gelar Atlet Putri Terbaik tahun 2011.

Triyaningsih, peraih penghargaan Atlet Putri Terbaik tahun 2011. (sumber foto)  
I Gede Siman Sudartawa menjadi bintang olahraga paling berkilau di ajang AORI 2011. Prestasi yang diraihnya selama tahun 2011 berhasil membuatnya tercatat sebagai pemilik rekor baru di ajang penghargaan yang digelar oleh Tabloid BOLA, Sabtu, 3 Maret 2011, lalu. Siman menjadi bintangnya AORI 2011 karena dia telah memperoleh gelar Atlet Putra Terbaik tahun 2011, Atlet Harapan tahun 2011, dan tim yang beranggotakan dirinya pun meraih penghargaan sebagai Tim Terbaik di ajang AORI 2011. Perenang yang masih berusia 17 tahun ini mendapatkan penghargaan-penghargaan tersebut setelah berhasil memboyong 4 medali emas dari ajang SEA Games ke-26. Medali emas tersebut didapat dari keberhasilannya di cabang olahraga renang nomor 200 meter gaya punggung, 100 meter gaya punggung, 50 meter gaya punggung dan estafet 4 x 100 meter gaya ganti. Selain meraih 4 medali emas, cacatan waktu tercepat yang dicapai Siman di pertandingan renang nomor 100 meter gaya punggung, yaitu selama 55,59 detik, berhasil membuatnya menorehkan rekor baru dalam cabang olahraga renang SEA Games.

I Gede Siman Sudartawa, peraih penghargaan Atlet PutraTerbaik tahun 2011. (sumber foto)  
Kita semua harus sadar kalau keberhasilan yang diraih Indonesia merupakan keberhasilan seluruh elemen bangsa. Siapa pun yang turut andil memegang peranan dalam mengharumkan nama Indonesia patut mendapatkan penghargaan seperti para atlet-atlet SEA Games. Setelah kita mengenal mereka lebih dekat, kita bisa mengamati, mempelajari, meniru, dan mempraktikkan apa yang telah mereka lakukan. Semoga pada masa yang akan datang, kita semua dapat menjadi insan yang berguna bagi bangsa Indonesia. 

Sports News Portal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar