Sabtu, 03 Maret 2012

AORI 2011: Tempat Berkumpulnya Teladan Baru Bangsa Indonesia

Dalam situs resmi AORI 2011, kita bisa melihat daftar aktivis olahraga terbaik di Indonesia selama tahun 2011. Pada 3 Maret 2012 ini, ketika acara puncak AORI 2011 diselenggarakan, kita akan mengetahui siapakah aktivis olahraga yang dipilih Indonesia sebagai pegiat olahraga yang terbaik dari yang terbaik.

Berdasarkan artikel resmi di website AORI, AORI 2011 digelar dalam rangka memeriahkan ulang tahun Tabloid BOLA yang ke-28. Ajang penghargaan untuk para pegiat olahraga Indonesia ini sebenarnya sudah diadakan sejak tahun 1989. Pada saat itu, acara ini diberi nama Anugerah Atlet Indonesia. Namun, ajang penganugerahan aktivis olahraga Indonesia pada tahun 2012 ini diberi nama AORI. Pemberian nama AORI dilakukan karena Tabloid BOLA tidak hanya memberikan apresiasi kepada olahragawan saja, tetapi juga memberikan penghargaan kepada insan-insan yang telah berkontribusi dalam memajukan dunia olahraga nasional, termasuk para pelatih dan pembina olahragawan di Indonesia. Saat pertama kali diselenggarakan pada tahun 1989, hanya ada tiga kategori yang diberikan melalui ajang ini. Kategori tersebut, yaitu Atlet Putra Terbaik, Atlet Putri Terbaik, dan Pelatih Terbaik. Saat ini, kategori aktivis olahraga yang patut diberikan penghargaan telah ditambah. Pada pelaksanaannya tahun ini, ada 5 kategori yang ditetapkan oleh panitia acara AORI 2011. Penghargaan tersebut akan diberikan kepada para aktivis olahraga yang berprestasi dengan kategori Atlet Putra Terbaik, Atlet Putri Terbaik, Tim Terbaik, Pelatih Terbaik, dan Atlet Terfavorit.

Pernahkah Anda sekalian bertanya-tanya mengapa pada tahun 2012 ini justru diadakan acara yang bernama AORI 2011? Jawabannya ialah karena nomine-nomine yang patut menerima penghargaan dalam acara ini dilihat berdasarkan prestasinya di dunia olahraga nasional selama tahun 2011. Pelaksanaan acara yang telah berlangsung selama 24 tahun terakhir ini merupakan salah satu upaya Tabloid BOLA untuk menghargai jerih payah para aktivis olahraga Indonesia dalam rangka mengharumkan dan meningkatkan derajat bangsa Indonesia di mata dunia.

Acara yang bertujuan untuk meningkatkan semangat dan motivasi para aktivis olahraga Indonesia ini tetap dipertahankan oleh Tabloid BOLA agar masyarakat Indonesia dapat mengingat dan selalu memberikan apresiasi kepada para aktivis olahraga yang telah meraih prestasi sepanjang tahun 2011. Melalui pencatatan apik Tabloid BOLA, prestasi-prestasi seperti perolehan medali dan rekor olahragawan Indonesia yang didapat pada saat terselenggarakannya ajang olahraga internasional dicatat dan dijadikan landasan untuk mengadakan acara AORI 2011.

Melalui acara ini, para pegiat olahraga menjadi semakin dihargai. Mereka akan dikenal dan dikenang sebagai pahlawan bangsa yang telah berhasil mengharumkan nama Indonesia. Acara ini sungguh suatu bentuk apresiasi yang nyata atas prestasi-prestasi yang telah diukir anak bangsa di bidang olahraga.

Mayoritas aktivis olahraga yang terdaftar sebagai nomine penghargaan AORI kali ini dipilih berdasarkan prestasi dan rekor yang telah mereka raih dalam ajang SEA Games 2011 lalu. Buktinya dapat Anda lihat di dalam daftar calon penerima penghargaan AORI 2011 di situs Bolanews. Penentuan aktivis olahraga terbaik dilakukan melalui polling yang dibuka oleh Tabloid BOLA.

Perlu kita ketahui kalau seluruh nomine yang menjadi calon penerima penghargaan itu merupakan para aktivis olahraga yang bukan olahragawan biasa. Mereka adalah pegiat olahraga yang paling berprestasi dan paling banyak berkontribusi untuk negara kita sepanjang tahun 2011. Akan tetapi, rasanya kurang menarik jika tidak ditentukan siapa aktivis olahraga terbaik dari yang terbaik menurut para pecinta olahraga Indonesia. Maka dari itu, AORI 2011 diselenggarakan. Ajang ini akan menunjukkan Indonesia siapa saja tokoh-tokoh berprestasi di bidang olahraga di negara kita. Lalu, siapa saja calon penerima penghargaan tersebut?



Tujuh nomine berasal dari cabang olahraga atletik. Dari cabang olahraga ini, Franklin Burumi, Serafi Anelies Unani, Triyaningsih, Alwi Mugiyanto, Henny Maspaitella, Pikouli, dan Tim Atletik Putra terdaftar sebagai nomine di 4 kategori yang ditetapkan panitia AORI 2011. Franklin Burumi dipilih sebagai salah satu nomine dari kategori Atlet Putra Terbaik berkat perolehan 3 medali emas dalam ajang SEA Games 2011. Serafi Anelies Unani dipilih sebagai salah satu nomine dari kategori Atlet Putri Terbaik berkat perolehan 1 medali emas dan 1 medali perak dalam ajang SEA Games 2011. Triyaningsih juga dipilih sebagai salah satu nomine dari kategori yang sama dengan Serafi Anelies Unani berkat perolehan 3 medali emas dan 1 medali perunggu dalam ajang SEA Games 2011. Alwi Mugiyanto, Henny Maspaitella, dan Pikouli, tiga orang pelatih dari cabang atletik, dimasukkan ke dalam daftar calon penerima penghargaan dari kategori Pelatih Terbaik. Terakhir, Tim Estafet Atletik Putra 4 x 100 meter juga dikategorikan sebagai calon penerima penghargaan dari cabang olahraga atletik karena berhasil memperoleh satu medali emas dalam ajang SEA Games lalu.

Empat nomine berasal dari cabang olahraga renang. Dari cabang olahraga ini, I Gede Siman Sudartawa, Yessy Yosaputra, Albert Sutanto, dan Tim Estafet Renang Putra juga terdaftar sebagai  nomine di 4 kategori AORI 2011. I Gede Siman Sudartawa dipilih sebagai salah satu nomine dari kategori Atlet Putra Terbaik berkat 4 medali emas dan rekor 100 meter berenang dengan gaya punggung yang diperolehnya dalam ajang SEA Games 2011. Yessy Yosaputra dipilih sebagai salah satu nomine dari kategori Atlet Putri Terbaik berkat perolehan 1 medali emas, 3 medali perunggu dan rekor 200 meter gaya punggung dalam ajang SEA Games 2011. Albert Sutanto dipilih sebagai nomine dari kategori Pelatih Terbaik berkat perjuangannya melatih I Gede Siman Sudartawa meraih 4 medali emas SEA Games 2011. Terakhir, Tim Estafet Renang Putra 4 x 100 meter gaya ganti telah dimasukkan ke dalam daftar nomine dari kategori Tim Terbaik berkat usahanya memperoleh 1 medali emas dan 1 rekor SEA Games.

Selanjutnya, cabang olahraga kano, angkat besi, panahan, dan sepak bola masing-masing memiliki dua nomine. Dari cabang olahraga kano, Eko Octarorianus dipilih sebagai salah satu nomine dari kategori Atlet Putra Terbaik berkat 3 medali emas yang diperolehnya dalam ajang SEA Games 2011 dan Tim Kano C2 Putra yang memperoleh 2 medali emas dalam SEA Games 2011 menempati posisi nomine dari kategori Tim Terbaik. Dari cabang olahraga angkat besi, Eko Yuli Irawan dipilih sebagai salah satu nomine dari kategori Atlet Putra Terbaik berkat prestasinya meraih 1 medali emas dan memecahkan 3 rekor SEA Games, serta perolehan 1 medali perak dan 1 medali perunggu di Kejuaraan Dunia 2011. Dari cabang olahraga panahan, ada Erwina Safitri dan Daniel Lumalesil. Erwina Safitri dimasukkan sebagai calon peraih anugerah dari kategori Atlet Putri Terbaik berkat 3 medali emas yang diperolehnya pada SEA Games 2011 lalu, sedangkan Daniel Lumalesil dipilih sebagai nomine dari kategori Pelatih Terbaik berkat kontribusinya memaksimalkan skuad panahan Indonesia di SEA Games 2011. Terakhir, dari cabang olahraga sepak bola, ada Andik Vermansyah dan Titus Bonai yang sama-sama dipilih sebagai nomine Atlet Favorit pada ajang AORI 2011 ini.

Kemudian, cabang olahraga karate, balap sepeda, dayung, voli pantai, otomotif, tinju, dan tenis, hanya memiliki satu nomine saja. Dari cabang olahraga karate, Umar Syarief dipilih sebagai nomine dari kategori Atlet Putra Terbaik berkat perolehan 2 medali emas di ajang SEA Games 2011. Dari cabang olahraga balap sepeda,  Uyun Muzizah dipilih sebagai nomine dari kategori Atlet Putri Terbaik berkat 3 medali emas dan 1 medali perunggu yang diperolehnya di ajang SEA Games 2011.  Dari cabang olahraga dayung, Tim Dayung Putri yang berhasil meraih 1 medali emas SEA Games 2011 dimasukkan ke dalam daftar nomine Tim Terbaik. Dari cabang olahraga voli pantai, Tim Voli Pantai Indonesia juga dimasukkan ke dalam daftar nomine Tim Terbaik karena telah meraih medali emas sejak SEA Games 2007-2011. Dari cabang otomotif, Ryo Haryanto dipilih sebagai nomine dari kategori Atlet Favorit berkat prestasinya sebagai pebalap Indonesia di ajang GP3 2011. Dari cabang olahraga tinju, Chris John dimasukkan ke dalam daftar nomine Atlet Putra Terbaik dan Atlet Favorit berkat usahanya mempertahankan gelar juara dunia selama 15 kali. Terakhir, dari cabang olahraga tenis, berkat 3 medali emas dan 1 medali perak yang diraih Christopher Rungkat dalam ajang SEA Games 2011, ia disejajarkan dengan Chris John ke dalam daftar nomine Atlet Putra Terbaik dan Atlet Favorit.

Jika kita perhatikan, dari sekian banyak aktivis olahraga yang terpilih sebagai calon penerima penghargaan, terdapat dua aktivis olahraga yang menempati 2 ketegori sekaligus. Pada AORI kali ini, Chris John dan Christopher Rungkat tampak lebih spesial daripada nomine lainnya karena hanya mereka berdualah yang tercantum dalam kategori Atlet Putra Terbaik sekaligus Atlet Favorit. Meskipun begitu, pada dasarnya, seluruh nomine AORI 2010 sama-sama memiliki prestasi yang gemilang dan pantas dianggap sebagai teladan muda bagi masyarakat Indonesia. Akan tetapi, hanya 5 oranglah yang akan terpilih sebagai pegiat olahraga terbaik. Kira-kira, siapa sajakah yang akhirnya dinobatkan sebagai aktivis olahraga terbaik dari yang terbaik? Mari kita nantikan jawabannya dalam acara puncak AORI 2011.


Anugerah Olahraga IndonesiaSports News Portal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar